FAQ
FAQ (Frequently Asked Question)
Kang, sebaiknya mobil atau motor kita sebaiknya diisi bensin apa?
Mobil
agan apa? Ada beberapa jenis bensin yang bisa kita beli di SPBU.
Premium ber-oktan 88, Pertamax ber-oktan 92, Pertamax Plus ber-oktan 95,
dan seterusnya.Kalau Avanza, minimal pake Pertamax. Kalau Suzuki Carry,
cukup diisi Premium. Kalau motor Mio, bagusnya campuran Premium dan
Pertamax. Daftar lengkap bensin yang cocok buat motor dan mobil Agan dan
Sista dapat didonlot di sini.
Waah.. ternyata bisa beda-beda ya? Apa sebabnya, Kang?
Mesin
mobil maupun motor memerlukan jenis bensin yang sesuai dengan desain
mesin itu sendiri agar dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan
kinerja yang optimal. Mobil tahun 2000 dan yang lebih baru umumnya
didesain dengan rasio kompresi yang tinggi, hingga akan sangat cocok
menggunakan bensin beroktan 92 hingga 95, sesuaikan dengan spesifikasi
rasio kompresinya yang terdapat pada buku manualnya masing-masing.
Tapi,
Kang, masalahnya... semakin tinggi angka oktan, maka harga per liternya
pun umumnya lebih tinggi. Bensin biasa harganya khan cuma Rp. 4500,- /
liter. Lha bensin Pertamax? Kadang Rp.9000,,- kadang Rp. 9500,-, Bahkan
pernah di atas 10rb. Apa nggak ada solusi lain neh?
Jika
uang sudah bukan masalah, belilah Pertamax, Primax 92, atau Shell
Super. Jika menginginkan pengiritan anggaran belanja yang signifikan,
sebetulnya agan cukup beli bensin oktan 88, lalu tambahkan additif
HI-OCTAN sesuai dosis. Ciyus, Gan. Sudah dibuktikan dengan Hasil Uji
Petrolab. Terbukti menaikan nilai oktan, mengurangi kadar timbal,
mengurangi kadar belerang. Sangat aman digunakan.
BTW
neh, Kang... Apa seh akibatnya kalau motor/mobil bagus kita yang
kompresi mesinnya tinggi jika dipaksakan kita isi dengan bensin beroktan
lebih rendah?
Bensin
dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. Semakin tinggi nilai CR pada
mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Mesin
berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang
tinggi), yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih
awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan
kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti
dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Kita sering mendengar
istilah "Ngelitik' (knocking).
Bagaimana
menggambarkan "kejam"nya ngelitik yang dirasakan piston? Ibarat telapak
tangan kita ditusuk-tusuk dengan paku, kira-kira begitu. Perlahan namun
pasti membuat piston seperti permukaan bulan dan bahkan bisa bolong.
Saat terjadi "ngelitik", bensin tidak menjadi tenaga yang terpakai. Kerja mesin tidak optimal. Kembali
diulang, mesin yang CR nya tinggi, memerlukan bensin yang lambat
terbakar. Semakin tinggi nilai CR, bensin harus semakin lambat
terbakarnya (oktan tinggi). Jadi untuk teman-teman, cermati nilai CR
mesin mobil/motor kita, dan isilah bensin yang sesuai untuk mesin
tersebut.
Amankah untuk mesin mobil saya jika saya menggunakan HI-OCTAN?
Produk
ini aman untuk mobil dan motor jenis apapun. Produk ini sudah melalui
penelitian selama tiga tahun dan telah melalui pengujian lab yang ketat
dan berkali-kali dari beberapa peneliti lulusan ITB dan juga telah diuji
RON (Research Octane Number) dan Dynotest (MON-Motor Octane Number),
dengan hasil yang MEMUASKAN. Hal ini juga diperkuat dengan banyaknya
testimoni dari para pemakai produk ini, yang menyatakan bahwa produk ini
benar-benar sangat aman digunakan di kendaraan kita.
Bagaimana cara penggunaannya di dalam bensin?
Cara
penggunaannya cukup sederhana, hanya dengan mencampurkan 1ml HI-OCTAN
per liter bensin yang tersedia ke tangki bensin untuk menghasilkan
bensin beroktan 92 (setara Pertamax), atau mencampurkan 2ml HI-OCTAN per
liter bensin tersedia ke tangki bensin untuk menghasilkan bensin
beroktan 97 (Setara Pertamax Plus).
Baca Juga
- Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Bisa Merasakan Efek dari HI-OCTAN?
- Apakah Kristal pada NEO Hi-Octan Berbahaya untuk Mesin Kendaraan Anda?
- kenapa ketika saya pakai HI-OCTAN pertama kali mesin terdengar lebih kasar dan di putaran mesin rendah mesin terasa kurang bertenaga, tapi terasa bertenaga pada saat putaran tinggi?
Berapa lama saya bisa merasakan efek dari HI-OCTAN pada mesin saya?
Karena
HI-OCTAN berbentuk cair dan mudah larut ke bensin, anda bisa merasakan
efek pada mesin dalam waktu yang tidak lama (hitungan detik!). Setelah
menuangkan HI-OCTAN, goyang-goyangkan sedikit tangki bensin anda,
sehingga proses pencampuran semakin cepat. Biasanya mesin akan terasa
lebih bertenaga, lebih halus, dan penggunaan konsumsi bahan bakar akan
semakin hemat.
kang,
kenapa ketika saya pakai HI-OCTAN pertama kali mesin terdengar lebih
kasar dan di putaran mesin rendah mesin terasa kurang bertenaga, tapi
terasa bertenaga pada saat putaran tinggi?
Biasanya
ini terjadi pada pengguna awal HI-OCTAN. Ini terjadi biasanya karena
banyaknya kotoran yang menempel pada blok mesin dan puyer akibat
pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai (bensin oktan rendah) secara
terus menerus dalam jangka waktu lama. HI-OCTAN selain mempunyai fungsi
untuk membantu terjadinya pembakaran sempurna pada mesin, juga mempunyai
fungsi untuk membersihkan mesin secara bertahap. Ketika pemakaian
HI-OCTAN pertama kali, kotoran akan ikut tertarik dan terbakar secara
perlahan-lahan. Pada proses ini biasanya suara mesin akan terdengar
sedikit lebih keras atau kasar. Tapi itu tidak akan terus menerus
seperti itu. Ketika mesin sudah kembali bersih, suara akan menjadi lebih
halus. Hal ini sudah banyak dibuktikan oleh konsumen HI-OCTAN di
berbagai tempat di Indonesia. Jadi jika terjadi kejadian seperti diatas,
teruskan penggunaan HI-OCTAN sesuai aturan. Dijamin tidak akan ada
kerusakan pada mesin. Dan semakin sering HI-OCTAN dipakai, maka akan
didapatkan hasil suara mesin yang lebih halus dan mesin yang jauh lebih
bertenaga dan irit, baik itu di putaran mesin atas ataupun bawah.
Apa yang membedakan HI-OCTAN ini dengan oktan-oktan lain yang banyak di pasaran?
HI-OCTAN
merupakan karya anak bangsa yang sudah teruji kualitasnya. HI-OCTAN ini
terbuat dari bahan yang mudah larut dalam bensin, sehingga tidak akan
menimbulkan kerak. Justru HI-OCTAN membantu untuk membersihkan kerak
yang ada dalam mesin. Selain itu HI-OCTAN ini merupakan oktan booster
yang paling EFFICIENT di pasaran, karena hanya membutuhkan 1 ml untuk
tiap liter bensin yang dibutuhkan untuk mengubah bensin biasa mempunyai
oktan yang lebih optimal. Selain itu HI-OCTAN lebih ramah lingkungan,
karena hasil pembuangan gas mobil yang menggunakan HI-OCTAN mempunyai
residu yang lebih kecil, sehingga lebih aman bagi lingkungan.
Bagaimana
produk HI-CESTER bisa meningkatkan kualitas solar padahal kalau dilihat
dari hasil labnya tidak terlihat ada peningkatan angka cetane yang
signifikan?
Berbicara
solar di Indonesia memang sedikit unik dan berbeda. Sebenarnya cetane
number pada solar kita yang berkisar antara 48-49 itu sudah cukup
memenuhi prasyarat untuk mobil-mobil yang ada di Indonesia termasuk
mesin mobil yang menggunakan mesin euro 3. Tapi pada kenyataannya, walau
nilai cetane pada solarnya sudah cukup tinggi dan sudah memenuhi
kriteria tetapan yang diminta, sering ditemukan kualitas pembakaran pada
kendaraan diesel pemakai solar Indonesia tidak bagus. Dapat dilihat
dari hitamnya asap kendaraan-kendaraan diesel pemakai solar di
Indonesia. Jadi jika hanya nilai cetane yang dijadikan acuan sebenarnya
kurang pas. Karena banyak solar ber-cetane tinggi tetapi energi yang
dihasilkan masih kurang untuk menghasilkan pembakaran sempurna. Sehingga
masih perlu ditambahkan aditif khusus untuk meningkatkan energi dalam
solar dan untuk membersihkan mesin kendaraan. Dan fungsi aditif inilah
yang dilakukan oleh produk HI-CESTER.
Pemakaian
rutin HI-CESTER telah terbukti membantu membersihkan lumpur mesin
diesel, membuat suara mesin lebih halus, tenaga mesin akan bertambah dan
akhirnya menghemat bahan bakar dan biaya perawatan mesin berkala. Coba
dan buktikan sendiri.
Bagaimana proses HI-CESTER bekerja setelah dicampur dengan Solar di dalam mesin diesel?
Bercampurnya
Hi-Cester dalam Solar menjadikan nilai tetapan Solar tersebut meningkat
maximal dari sebelumnya, maka pada mesin diesel yang umur layan
mesinnya sudah lama (lebih dari 1tahun), untuk pemakaian diawal biasanya
terjadi pembersihan ruang bakar dari lumpur kerak karbon yang menumpuk
disitu terlebih dahulu. Dalam masa pembersihan ini, kadang akan terlihat
asap lebih hitam keluar dari lubang asap (knalpot), dan kadang suara
mesin terdengar lebih kasar sampai ruang bakar bersih kembali (jangan
kuatir, ini tidak berlangsung lama, pemakaian Hi-Cester dilanjutkan
terus saja). Setelah ruang bakar bersih kembali, maka dampak kenaikan
ketetapan Solar akan terasa (suara mesin lebih halus, tenaga meningkat,
abu knalpot lebih bersih) hal ini disebabkan oleh kompresi mesin yang
kembali normal setelah ruang pembakaran bersih, maka pembakaran Solar di
ruang bakar akan kembali sempurna, dan dari situlah akan berdampak pada
penurunan penggunaan BBM (penghematan konsumsi Solar sampai 20%
terjadi). Dan pemakaian Hi-Cester pada mesin diesel yang masih baru,
maka tahapan pembersihan kerak karbon di dalam ruang bakar tidak terjadi
(karena mesin masih baru, ruang bakar masih bersih dari lumpur kerak
karbon) sehingga dampak positifnya Hi-Cester akan langsung terasa begitu
di gunakan dalam mesin tersebut.
Apakah produk ini tidak mengganggu program pemerintah mengenai BBM bersubsidi?
Menurut
kami tidak, karena target segmen utama kami adalah masyarakat golongan
menengah atau menengah bawah yang tidak mampu mencukupi kebutuhan bahan
bakar apabila langsung berpindah dari bensin biasa ke bensin beroktan
tinggi seperti Pertamax atau Pertamax Plus. Sementara pemerintah belum
mampu memberikan bahan bakar yang lebih baik dan terjangkau bagi
masyarakat kelas menengah dan menengah bawah, kami menyediakan solusi
yang berguna dan terjangkau bagi mereka. Sehingga masyarakat kelas
tersebut bisa mendapatkan manfaat yang selama ini hanya bisa dinikmati
golongan tertentu saja. Lagipula, kapasitas produksi HI-OCTAN ini masih
jauh kecil lebih dibandingkan kapasitas produksi bahan bakar Pertamina
untuk disebut bisa mengganggu program pemerintah mengenai BBM
bersubsidi.
Bagaimana cara saya menjadi agen dari produk HI-OCTAN ini?
Kami
sangat terbuka sekali untuk siapapun untuk bermitra menjadi agen dari
HI-OCTAN. Misi kami adalah menyebarkan kebaikan dan manfaat yang
dimiliki produk ini ke sebanyak mungkin masyarakat yang membutuhkan.
Sehingga dengan semakin banyak orang menikmati manfaat baik dari produk
ini, kami turut berkontribusi di dalam menyelesaikan permasalahan yang
dihadapi bangsa ini, khususnya mengenai energy yang lebih terjangkau dan
ramah lingkungan.
Kontak kami :
Telp / SMS / WhatsApp 0817420992,
Pin BB : 525D376B
Posting Komentar untuk "FAQ"